SOP Usul Penelitian

nyususn skripsiTujuan

Untuk menjamin proses pelaksanaan penelitian berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ruang Lingkup

Mulai dari pengusulan judul (tema) penelitan sampai penunjukan dosen pembimbing.

Definisi

  1. Penulisan Usul Penelitian adalah Penulisan yang bertujuan menyajikan gagasan dan rencana kegiatan  penelitian (percobaan) dalam bentuk tulisan yang memenuhi standar penulisan karya ilmiah.
  2. Usul Penelitian adalah proses yang harus dilalui mahasiswa semester akhir untuk mengajukan penelitian setelah Lulus MPKK, MKK dan sebagian MKB.

Referensi

  1. Peraturan Akademik dan Kode Etik Universitas Lampung (Unila) yang berlaku.
  2. Sistem Standar Pengajuan Usul Penelitian Budidaya Perairan yang berlaku.

Distribusi

Mahasiswa Budidaya Perairan

Prosedur

  1. Mahasiswa yang akan mengajukan usul penelitian harus memenuhi persyaratan minimum 124 sks,  IPK minimal ≥ 2 tanpa nilai E  dan semua matakuliah wajib lulus.
  2. Setiap mahasiswa penyusun skripsi dibimbing oleh 2 dosen yang memenuhi syarat yaitu Pembimbing utama dan pembimbing pembantu.
  3. Pembimbing utama skripsi harus memiliki bidang ilmu sesuai dengan topik penelitian  mahasiswa serendahnya dengan jabatan fungsional asisten ahli bagi dosen yang begelar magister dengan pengalaman mengajar 2 tahun atau asisten ahli dengan pengalaman mengajar 1 tahun bagi dosen bergelar doktor.
  4. Pembimbing pembantu untuk penyusunan skripsi harus memiliki bidang ilmu sesuai dengan topik penelitian  mahasiswa serendahnya dengan jabatan fungsional asisten ahli bagi dosen yang bergelar magister/doktor dengan pengalaman mengajar minimal1 tahun