Workshop Penyamaan Persepsi Bagi Dosen Terhadap Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Sarjana Budidaya Perairan

Tugas akhir merupakan salah satu syarat seorang mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Tugas akhir bagi mahasiswa S-1 Jurusan Budidaya Perairan berupa laporan skripsi yang ditulis berdasarkan acuan Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Format Penulisan Karya Ilmiah ini pun mengacu pada Surat Keputusan Rektor Universitas Lampung No. 51/KPTS/R/1984 yang mengalami beberapa kali revisi. Walaupun telah mengalami beberapa kali revisi, format ini hanya memuat aturan umum yang dapat memayungi seluruh bidang ilmu yang ada di Universitas Lampung. Adapun isi keilmuan dan sistematika penulisan karya ilmiah, tidak diatur dalam format tersebut karena sangat tergantung pada bidang keilmuan yang bersangkutan.

Dosen sebagai pembimbing mahasiswa dalam penulisan tugas akhir sering mengalami kesulitan menyangkut persamaan persepsi penulisan tugas akhir mahasiswa baik antar teman sejawat dosen/pembimbing maupun antara dosen dan mahasiswa. Permasalahan ini muncul karena belum adanya pembakuan yang lebih rinci baik di tingkat jurusan maupun di tingkat fakultas. Kegiatan Workshop “Penyamaan Persepsi Bagi Dosen terhadap Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Sarjana Budidaya Perairan” ini merupakan salah satu solusi yang dapat menyelesaikan masalah perbedaan persepsi dalam penulisan tugas akhir mahasiswa di tingkat jurusan. Penyamaan persepsi semacam ini nantinya dapat dilakukan pula di tingkat fakultas.

IMG-20150821-WA0001 IMG-20150821-WA0002

 Kegiatan workshop ini bertujuan untuk : menyamakan persepsi setiap dosen dalam membimbing mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan dalam penulisan tugas akhir, dan meningkatkan kualitas cara membimbing penulisan tugas akhir mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan. Sedangkan manfaat yang diharapkan adalah para peserta workshop mendapatkan tambahan ilmu dalam membimbing tugas akhir mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

IMG-20150828-WA0002  IMG-20150828-WA0009

Pada pelaksanaan Workshop kali ini diikuti oleh seluruh staf pengajar jurusan budidaya perairan. workshop ini sendiri menghadirkan 3 (tiga) orang pembicara yaitu Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si yang menyampaikan materi tentang Prinsip Tugas Akhir (TA) dan Penulisan Laporan TA, Dr. Supono, S.Pi., M.Si dengan materi Penulisan Artikel TA dalam Jurnal Ilmiah dan  Eko Efendi, S.T., M.Si. yang menyampaikan teknik sitasi dan pengelolaan referensi melalui perangkat lunak reference manager ( Mendeley, Zotero dan MS Office Word)