Aquaculture Betta Contest IV

Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan Universitas Lampung menyelenggarakan rangkaian kegiatan diantaranya yaitu Aquaculture Betta Contest IV dengan tema “Mengeksplor keindahan warna dan bentuk Cupang Hias Nusantara”  dengan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah melestarikan Cupang di Indonesia. Diselenggarakan Sabtu, 07 Mei 2016 di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Acara di meriahkan oleh Bazar Perikanan, Bazar Aqua Indah Lampung, Bazar Aqua Design, Akustik oleh Mahasiswa Budidaya Perairan Universitas Lampung serta Kuliah Umum International Betta Congres.

Acara Aquaculture Betta Contest IV dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, dihadiri Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Universits Lampung, Pokdakan-pokdakan(kelompok pembudidaya ikan) Cupang se-Lampung, dan di ikuti oleh 28 Peserta dengan jumlah total ikan masuk adalah sebanyak 142 ekor.  Peserta yang mengikuti kegiatan Aquaculture Betta Contest IV yaitu berasal dari Lampung, Surabaya dan Jakarta.

Dalam sambutannya Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan Unila (Kurnopriawan Hidayat) menyatakan bahwa” Dalam kegiatan ini peserta memperebutkan piala Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Lampung yaitu untuk Best of Show selain itu juga memperebutkan Best of Division, Juara 1,2,3 Best of Class Halfmoon, Double Tail, Crowntail, Plakat, Rorm and Finage, Female dan Wild Betta”.

Selanjutnya Dekan Fakultas Pertanian Unila (Irwan Syukri Banuwa) mengatakan “Universitas Lampung Melalui Dekan fakultas Pertanian Universitas Lampung mendukung terbentuknya Fakultas Pertanian dan Kelautan. Dalam Aquaculture Betta Contest IV ini melihatkan kesiapan mahasiswa perikanan untuk mewujudkan cita cita tersebut” ujar dekan Pertanian Unila tersebut.

Tak tanggung tanggung, panitia langsung mendatangkan Juri internasional.Penilaian dilakukan oleh Joty Atdmajaja yang merupakan Juri International Betta Congres. Juri yang ke dua yaitu Mulyadi, serta juri pendamping dari Dosen Budidaya Perairan Universitas Lampung yaitu Bapak Herman Yulianto S.Pi., M.Si. Penilaian dilakukan dengan karakteristik umum dan warna, dengan ukuran ikan diukur tanpa ekor divisi Plakat, Halfmoon, dan Crowntail, divisi Fimale, Kelas Giant, Standar penilaian mengacu pada International Betta Contest.