Re-akreditasi Program Studi Budidaya Perairan

Akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap kompetensi prodi dalam melaksanakan kegiatan akademik yang telah memenuhi standar mutu serta menghasilkan lulusan sesuai standar BAN-PT. Penetapan akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai keterkaitan antara tujuan, input, proses dan output. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai komponen kemudian mengirim laporan tersebut ke lembaga asesor. Berdasarkan laporan evaluasi tersebut pihak lembaga asesor mengirim beberapa pertanyaan (borang) untuk diisi kemudian melakukan kunjungan lapangan (site visit) oleh asesor. Asesor BAN-PT adalah tenaga pakar pada bidang ilmu,bidang studi, profesi, dan atau praktisi yang mewakili BAN-PT dalam penilaian akreditasi program studi

Manfaat dan tujuan akreditasi antara lain mendorong prodi untuk melakukan perbaikan dan mempertahankan atau meningkatkan mutu. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Sejalan dengan hal tersebut maka Prodi Budidaya Perairan terus berupaya untuk meningkatkan nilai akreditasinya. Pada tahun 2014, Program Studi Budidaya Perairan telah memperoleh akreditasi dengan predikat B dan berlaku untuk lima tahun. Namun demikian, untuk mempercepat akreditasi prodi, maka pada tahun 2017 ini, dilakukan re-akreditasi kembali terhadap Program Studi Budidaya Perairan.

 

 

Pada hari Senin dan selasa, 18 – 19 Desember 2017, tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi akreditasi Program Studi Budidaya Perairan guna melakukan assesment  lapangan, verifikasi data serta pendalaman dalam beberapa hal yang berkaitan dengan Fakultas Pertanian melalui verifikasi Borang 3B. Kehadiran tim merupakan tindak lanjut pengajuan borang akreditasi program studi yang telah diajukan ke BAN-PT sebelumnya. 

 

Dekan Fakultas Pertanian beserta dengan jajarannya hadir mendampingi tim asesor BAN-PT yang terdiri dari dua orang, yaitu Prof. Dr. Ir. Feliatra, DEA (UNRI) dan Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D (UGM). Pada saat penyambutan yang dilakukan di Fakultas Pertanian turut memberi sambutan Wakil Rektor I Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., juga dihadiri Ketua Lembaga  Pengembangan Pembelajaran dan  Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si beserta tim LP3M yaitu Kepala Pusat Penjaminan Mutu: Elida Purba, Ph.D., Kabid Pengembangan Mutu Internal: Yuda Romdania, S.T., M.T.. Kabid Monev dan Audit Internal : Dr. Eng. Endah Komalasari, M.T.

 

Dalam visitasinya kali ini, tim asesor juga diajak mengunjungi Laboratorium Lapang terpadu Fakultas Pertanian yang merupakan salah satu fasilitas praktikum mahasiswa FP Unila, selain laboratorium yang ada di Prodi Budidaya perairan. Pada kunjungan tersebut, asesor diberikan penjelasan tentang fungsi laboratorium dalam mendukung prodi Budidaya Perairan. Kegiatan visitasi prodi selain melakukan verifikasi data Borang 3A, juga melakukan interview dengan mahasiswa, alumni dan stakeholder pengguna lulusan. Pada kesempatan tersebut hadir beberapa perwakilan dari Stasium Karantina Ikan, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut Lampung, PT. Matahari Sakti, Sekolah Umum Perikanan Menengah, PT. CPP dll yang merupakan user user lulusan yang diwawancarai untuk mengetahui kompetensi lulusan setelah bekerja di institusi mereka.