KULIAH UMUM POTENSI SUMBERDAYA PERAIRAN LAMPUNG

Selasa, 14 Agustus 2018, Program Studi Sumberdaya Akuatik, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung (FP Unila), melaksanakan Kuliah Umum dengan Tema : Potensi Sumberdaya Perairan Lampung Sebagai Bahan Baku Pakan dan Pangan. Acara kuliah umum dilaksanakan di Ruang A1, Gedung Dekanat Fakultas Pertanian Unila. Kuliah Umum ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuka wawasan baru kepada segenap dosen dan mahasiswa khususnya Jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Lampung.

Kuliah Umum dihadiri oleh Dekan FP Unila Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si., Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan Ir. Siti Hudaidah, M.Sc., Ketua Program Studi Sumberdaya Akuatik Herman Yulianto, S.Pi., M.Si., Ketua Program Studi Budidaya Perairan Limin Santoso S.Pi., M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Kelautan Esti Harpeni, S.T., MAppSc., segenap dosen dan mahasiswa Jurusan Peternakan dan Jurusan Perikanan dan Kelautan.

Prof. Ir. Luki Abdullah, M.Agr.Sc. selaku pemateri kuliah umum ini, memaparkan materi mengenai peranan nutrisi dan pakan; introduksi Indigofera sebagai konsentrat hijau dalam pembuatan pakan; dan proses-proses pengolahan Indigofera mulai dari penanaman benih hingga pemanenan. Indigofera yang awalnya diteliti sebagai bahan baku pakan ternak ruminansia, kemudian mulai diteliti pemanfaatannya pada berbagai bidang seperti kedokteran, perikanan juga kelautan. Hal ini menimbang keunggulan Indigofera yang potensial digunakan sebagai bahan baku pangan manusia, suplemen kesehatan, pakan ikan dan pembentuk warna pada ikan.

Mengingat potensi riset tentang Indigofera masih sangat luas, di masa yang akan datang,  mahasiswa  Jurusan Perikanan dan Kelautan khususnya diharapkan dapat mengembangkan dan memanfaatkan sumberdaya Indigofera antara lain sebagai bahan baku pembuatan pakan yang bermutu tinggi namun dengan harga produksi yang terjangkau, sebagai suplemen kesehatan ikan serta sebagai zat pembentuk warna pada ikan hias.