Standar Operasional Prosedur

indexSebagai upaya peningkatan mutu dan kinerja laboratorium di masa yang akan datang, tim laboratorium didaulat untuk membuat beberapa standar kerja (SOP) yang berkaitan dengan pengelolaan laboratorium. SOP yang telah dibuat diantaranya adalah :

1.  SOP Penggunaan Laboratorium
SOP ini menjelaskan secara umum tata cara penggunaan laboratorium untuk praktikum, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan lain-lain. SOP ini juga menjelaskan tata tertib penggunaan laboratorium, mulai dari atribut yang harus dipakai, peminjaman alat sampai tanggung jawab pengguna sebelum meninggalkan laboratorium. SOP ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran jalannya penggunaan laboratorium.

2. SOP Penggunaan dan Peminjaman Alat
SOP ini menjelaskan tentang prosedur penggunaan dan peminjaman peralatan laboratorium untuk keperluan praktikum, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan lain oleh pengguna.

3. SOP Penggunaan Bahan Habis Pakai
SOP ini menjelaskan prosedur penggunaan bahan habis pakai di Laboratorium Budidaya Perikanan untuk keperluan praktikum, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan lain oleh pengguna.

4. SOP Perawatan dan Perbaikan Alat Laboratorium
SOP ini menjelaskan prosedur perawatan dan perbaikan alat Laboratorium Budidaya Perikanan agar alat yang akan dioperasikan dalam kondisi siap untuk dipakai, bersih, dapat berfungsi dan terkalibrasi dengan baik.

Tujuan akhir dari keempat SOP tersebut di atas adalah tercapainya pengelolaan laboratorium yang efektif dan efisien dan terciptanya suasana laboratorium yang kondusif sehingga dapat membangkitkan minat untuk melakukan praktikum, penelitian, pengabdian masyarakat baik bagi dosen maupun mahasiswa.

Kepala Laboratorium,

Esti Harpeni, S.T., MAppSc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>