Marine Science Department

Program Studi Ilmu Kelautan merupakan salah satu program studi terakreditasi di bawah Jurusan Perikanan dan Kelautan yang diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No 256/KPT/I/2016. 

Visi Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Lampung adalah “Menjadi Program Studi Terkemuka di Indonesia pada Tahun 2030”.

Program Studi Ilmu Kelautan merupakan program studi yang menyalurkan minat calon mahasiswa kepada bidang kelautan agar dapat menjadi lulusan yang berkualitas dan siap terjun di dalam berbagai bidang baik industri, swasta, pemerintahan maupun masyarakat langsung. Pendirian Program Studi Ilmu Kelautan memiliki misi sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas kompeten dan berintegritas tinggi,
2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah serta menghasilkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) di bidang kelautan
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu kelautan,
4. Menyelenggarakan tata kelola Program Studi Ilmu Kelautan yang profesional dan akuntabel,
5. Mengembangkan kerjasama dengan pemerintah, industri dan perguruan tinggi di tingkat regional, nasional dan internasional.

Tujuan umum Program Studi Ilmu Kelautan adalah menghasilkan SDM yang mempunyai kemampuan teoritis dan teknis dalam Ilmu Kelautan. Tujuan khususnya adalah:
1. Menghasilkan lulusan sarjana ilmu kelautan yang berkarakter profesional, berjiwa pemimpin, berwirausaha, kreatif, berkualitas, kompeten, mandiri, berjiwa Pancasila yang siap menghadapi tantangan perkembangan jaman dan persaingan global.
2. Menghasilkan penelitian, publikasi ilmiah dan HaKI.
3. Menghasilkan ilmu dan teknologi terapan di bidang ilmu kelautan yang memiliki relevansi dan tuntutan stakeholder serta perkembangan iptek yang bermanfaat bagi masyarakat.
4. Menghasilkan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang efektif, efisien, dan akuntabel