PROGRAM STUDI

Program studi adalah satuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan atau profesi. Program studi diselenggerakan atas dasar kurikulum yang berlaku agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, sikap dan perilaku/ketrampilan yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Unit Penngelola program studi adalah satuan organisasi di dalam struktur organisasi perguruan tinggi yang berwenang dan bertugas mengelola program studi.

Jurusan/program studi mempunyai tugas melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan tertentu.
Fungsi Program studi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ipteks dalam sebagian atau satu cabang ilmu
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
  4. Memberikan layanan administrasi program studi sesuai denbgan tugas pokok dan fungsinya
    melaksanakan pembinaan civitas akademika

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang perikanan dan ilmu kelautan, serta perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pembangunan di masa mendatang, maka Jurusan Perikanan dan Kelautan memiliki program studi:

  • Budidaya Perairan
    Program Studi ini mempelajari berbagai hal tentang teknik budidaya di perairan tawar, payau dan laut.
  • Sumberdaya Akuatik
    Program studi ini membahas berbagai hal yang berhubungan dengan sumberdaya yang terdapaty di lingkungan perairan laut dan perairan umum yang berkaitan dengan masalah lingkungan dan pencemaran, hukum, sosial ekonomi masyarakat.
  • Ilmu Kelautan
    Program studi ini mempelajari berbagai ilmu yang berhubungan dengan kelautan, seperti biologi laut, fisika, gelombang, topografi, dan sebagainya