Aquaculture Department

Program Studi (PS) : Budidaya Perairan (BDI)
E-mail : bdpi@fp.unila.ac.id;

aquacultureunila@gmail.com;

aquacultureunila@yahoo.co.id

imaggggggges

Visi
Menjadi Program Studi Budidaya Perairan Sepuluh Terbaik di Indonesia Tahun 2025

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, PS. BDI menetapkan misi yang telah diselaraskan dengan misi Fakultas Pertanian, misi Universitas Lampung dan Misi Pendidikan Nasional. Misi PS.BDI adalah:
1. Mengembangkan tridharma perguruan tinggi yang inovatif dan berkualitas untuk mewujudkan budidaya perairan berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal.
2. Mewujudkan budaya akademik yang kondusif, dinamis, inovatif dan bermoral
3. Meningkatkan tata kelola program studi untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.
4. Mengembangkan sivitas akademika yang berkualitas, kompeten, berdaya saing dan
berintegritas tinggi.
5. Mengembangkan kerjasama dengan pemerintah, perguruan tinggi, industri/dunia usaha, lembaga non pemerintah, baik di tingkat regional, nasional dan internasional.

Tujuan

Tujuan dari Misi 1 adalah:
(a). menghasilkan lulusan/sarjana perikanan yang bermutu dan berdaya saing tinggi yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan orang lain, dan/atau cepat diserap pasar tenaga kerja;
(b). menghasilkan ipteks unggulan/baru di bidang budidaya perikanan berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal dan bermanfaat bagi masyarakat, dipublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi dan terakreditasi di dalam negeri dan luar negeri, serta diperolehnya sertifikat HaKI;
(c). meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang budidaya perikanan yang bermutu dan inovatif serta berbasis ipteks ungggulan/baru, dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya;

Tujuan dari Misi 2 adalah:
(a). meningkatnya jumlah mahasiswa berprestasi baik di tingkat lokal maupun tingkat
nasional;
(b). meningkatkan jumlah mahasiswa yang mengikuti acara ilmiah di tingkat nasional;

Tujuan dari Misi 3 adalah:
(a). mewujudkan manajemen organisasi dalam hal akademik, keuangan, dan sumber daya manusia menuju tata kelola yang baik,

Tujuan dari Misi 4 adalah:
(a). meningkatkan tingkat partisipasi dalam acara dan/atau forum ilmiah nasional dan
internasional
(b). Meningkatkan tingkat peran dalam organisasi profesi
(c). meningkatkan kapasitas, ketrampilan guna mengembangkan kualitas, kompetensi dan daya saing serta integritas civitas akademika

Tujuan dari Misi 5 adalah:
(a). mewujudkan kerjasama dengan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, dunia
usaha, LSM, dan pemangku kepentingan lainnya, baik dalam maupun luar negeri untuk
mewujudkan budidaya perairan berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal.

Sasaran

Sasaran PS. BDI pada tahun 2025 adalah menjadi PS BDI sepuluh terbaik di Indonesia :
Sebagaimana misi dan tujuan yang terdiri dari empat bidang, PS BDI juga mempunyai sasaran dalam lima bidang; yaitu sasaran bidang pendidikan, sasaran bidang penelitian, sasaran bidang pengabdian kepada masyarakat, sasaran bidang manajemen organisasi dan sasaran bidang kerja sama. Sasaran PS BDI dinyatakan secara kuantitatif agar dapat terukur secara rasional dan
dapat dicapai dalam waktu tertentu.

Sasaran PS BDI tersebut dijabarkan sebagai berikut:
1. Sasaran Bidang Pendidikan
Pada bidang pendidikan, PD BDI menetapkan empat sasaran beserta indikator yang harus dicapai, yaitu meliputi peningkatan persentase jumlah lulusan yang mendapatkan IPK >3,00; meningkatkan/mempercepat masa mukim mahasiswa; memperpendek masa tunggu mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan dan/atau penghasilan; meningkatkan penghasilan
lulusan ketika memperoleh pennghasilan/gaji pertama kali; dan meningkatkan jumlah mahasiswa/lulusan yang mampu berwirausaha atau mendapatkan penghasilan sendiri.
2. Sasaran Bidang Penelitian
Pada bidang penelitian, PS BDI menetapkan sasaran agar para dosen di PS BDI dapat bersaing untuk memenangkan hibah penelitian berskala besar, dan berorientasi hasil penelitian yang dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi serta jurnal
internasional serta mendapatkan pengakuan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI).
3. Sasaran Bidang Pengabdian kedapa masyarakat
Pada bidang pengabdian kepada masyarakat, PS BDI menetapkan sasaran agar para dosen di PS BDI dapat bersaing untuk memenangkan hibah pengabdian kepada masyarakat, dan dapat bermanfaat secara langsung kepada masyarakat. Selanjutnya hasil-hasil pengabdian masyarakat tersebut dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi serta jurnal internasional. Dosen-dosen pada PS BDI juga dipacu untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat melalui karya yang dapat diakses oleh masyarakat melalui media massa.
4. Sasaran Bidang Manajemen Organisasi
Untuk meningkatkan kualitas manajemen organisasinya, PS BDI telah menentukan sasaran agar PS BDI dapat terakreditasi A pada tahun 2018, dan dapat meningkatkan besaran pendanaannya dalam rangka meningkatkan kualitas program studi, serta memacu para
dosennya untuk meningkaykan kualifikasi pendidikan S3 dan memacu untuk menigkatkan jenjang jabatan fungsional tertinggi (profesor).
5. Sasaran Bidang Kerjasama
Pada bidang kerjasama, untuk memperkuat daya saing program studi, PS BDI berupaya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dengan menetapkan sasaran peningkatan jumlah kerjasama dalam bentuk Memorandum of understanding (MoU) dengan berbagai pihak, dan berupaya untuk menggali berbagai hibah pendanaan non penelitian dan non pengabdian yang dapat diperoleh dari berbagai pihak melalui kerjasama tersebut.

Strategi Pencapaian

Untuk mencapai sasaran yang ditetapkan berdasarkan indikator pencapaian sasaran di atas, PS BDI telah menyusun strategi-strategi sebagai berikut:
Strategi untuk mencapai sasaran bidang pendidikan, yaitu:
1. Meningkatkan mutu calon mahasiswa yang mendaftar di PS BDI melalui beragam kegiatan promosi dan sosialisasi melaui media social, media massa dan media elektronok, serta sosialisasi secara langsung bersama Himpunan mahasiswa program studi;
2. Menjaga relevansi kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan cara menyempurnakan dan memperbarui materi pembelajaran secara berkala;
3. Meningkatkan jumlah dan mutu sarana dan prasarana serta media pembelajaran;
4. Meningkatkan mutu proses pembelajaran secara berkesinambungan dan terprogram. Proses pembelajaran dalam perkuliahan dilakukan secara PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan) berbasis SCL (student centered learning).
5. Menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan (perkuliahan, pembimbingan akademik, pembimbingan tugas akhir/skripsi) yang terencana, bertahap, sistematis, dan berkelanjutan;
6. Pengembangan bahan perkuliahan juga dilaksanakan dengan menggunakan referensi terbaru melalui buku teks, hasil penelitian, jurnal ilmiah, praktikum dan pengembangan silabus dengan masukan dari stakeholders (pemangku kepentingan).
7. Melaksanakan tracer study (studi pelacakan) yang lebih konsisten dan berkesinambungan;
8. Memfasilitasi kegiatan ekstra-kurikuler mahasiswa dalam rangka meningkatkan soft skill lulusan agar masa tunggu berkarya menjadi lebih singkat dan jumlah penghasilan pertama lulusan meningkat; dan9. Membina hubungan baik dengan ikatan alumni dalam rangka memperoleh umpan balik dan mempermudah lulusan dalam berkarya(menjadi wirausaha) atau dan memperoleh pekerjaan (menjadi pegawai);
10. Pengembangan bahan perkuliahan juga dilaksanakan dengan menggunakan referensi terbaru melalui buku teks, hasil penelitian, jurnal ilmiah, praktikum dan pengembangan silabus dengan masukan dari stakeholders (pemangku kepentingan);
11. Melaksanakan tracer study (studi pelacakan) yang lebih konsisten dan berkesinambungan;
12. Memfasilitasi kegiatan ekstra-kurikuler mahasiswa dalam rangka meningkatkan soft skill lulusan agar masa tunggu berkarya menjadi lebih singkat dan jumlah penghasilan pertama lulusan meningkat; dan
13. Membina hubungan baik dengan ikatan alumni dalam rangka memperoleh umpan balik dan mempermudah lulusan dalam berkarya(menjadi wirausaha) atau dan memperoleh pekerjaan (menjadi pegawai).

Strategi untuk mencapai sasaran bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu:
1. Meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis proposal hibah penelitian/pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan
pelatihan/pendidikan/workshop;
2. Memberikan dana hibah penelitian/pengabdian kepada masyarakat kepada dosen muda untuk memotivasi dan memberikan pengalaman dalam melakukan penelitian/pengabdian kepada masyarakat melalui dana hibah yang diselenggarakan
oleh fakultas;
3. Sosialisasi dan memotivasi dosen untuk berpartisipasi aktif dalam hibah penelitian/pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Dikti dan atau instansi lain baik dari dalam maupun luar negeri;
4. Mendorong dosen untuk bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian/pengabdian kepada masyarakat dengan dosen atau dan peneliti dari institusi lain;
5. Mewajibkan dosen untuk melakukan minimal satu penelitian atau dan pengabdian kepada masyarakat dalam kurun waktu satu tahun;
6. Memotivasi dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitian/pengabdian kepada masyarakat;
7. Menerapkan sistem penjaminan mutu penelitian/pengabdian kepada masyarakat secara terencana, sistematis, bertahap, dan berkelanjutan;
8. Meningkatkan sarana/prasarana penelitian/pengabdian kepada masyarakat;
9. Menerbitkan jurnal ilmiah yang terdaftar di Kemenristekdikti untuk memfasilitasi penerbitan hasil penelitian dosen dan atau mahasiswa yang belum mampu terbit pada jurnal ilmiah terakreditasi (nasional atau internasional);
10. Memberikan penghargaan kepada dosen yang mampu menerbitkan hasil penelitiannya pada jurnal internasional bereputasi (memiliki impact factor atau terdaftar dalam scopus, google scholar dan lain-lain);
11. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memperoleh dana hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Dikti; dan Mendampingi dan memfasilitasi mahasiswa yang mampu memenangkan dana hibah PKM;
12. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha dengan mengikutsertakan pada kegiatan pelatihan kewirausahaan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memperoleh PKM kewirausahaan dan Program mahasiswa wirausaha (PMW).

Strategi untuk mencapai sasaran bidang manajemen organisasi yaitu;
1. Meningkatkan pelayanan oleh dosen, tenaga kependidikan dan laboratorium sesuai dengan standar operasional prosedur;
2. Memilih dan menempatkan dosen, staf administrasi, laboran dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi dan kemampuan khusus untuk melaksanakan manajemen organisasi, contohnya TPMP arus diisi oleh dosen yang sudah mengikuti pelatihan Audit Mutu Akademik Internal;
3. Meningkatkan besaran dana pengelolaan pada program studi guna yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dosen, tenaga kependidikan, tenaga laboratorium dan peningkatan kualitas sarana pembelajaran;
4. Meningkatkan kualitas/kualifikasi sumberdaya manusia pada PS BDI melalui kegiatan pelatihan, pendidikan, seminar, workshop dan sebagainya;
5. Meningkatkan kualitas tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang
dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, dan laboratorium);
6. Menjamin terlaksananya yang baik. Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi
dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

Strategi untuk mencapai sasaran di bidang kerja sama, yaitu:
1. Menerapkan sistem penjaminan mutu kerja sama yang terencana, terarah, sistematis, dan berkelanjutan agar pihak mitra kerja sama merasa puas dan kerjasamanya dapat ditingkatkan;
2. Meningkatkan mutu hasil tridarma perguruan tinggi agar dapat menjamin kepusaan stake holder yang bekerjasama dengan PS BDI;
3. Secara aktif dan terprogram menawarkan berbagai kerja sama yang saling menguntungkan di bidang dengan berbagai institusi dalam bidang pengembangan Budidaya Perairan atau bidang lain yang sejenis; dan
4. Meningkatkan kemampuan dalam menulis proposal hibah kompetitif untuk institusi (Program Hibah Kompetitif Perguruan Tinggi; Program Hibah Pusat Karir dan Tracer Study/PKTS; hibah penjaminan mutu program studi; hibah revisi kurikulum berbasis kompetensi) dari Kemenristekdikti dan / atau institusi lain.

Staf Pengajar

  1. Siti Hudaidah
  2. Tarsim
  3. Wardiyanto
  4. Yudha Trinugraha Adiputra
  5. Esti Harpeni
  6. Supono
  7. Limin Santoso
  8. Berta Putri
  9. Munti Sarida
  10. Agus Setyawan
  11. Deny Sapto Chondro Utomo