Deskripsi Mata Kuliah

BDI 612101, Pengantar Ilmu Perikanan, 3(2-1)

Mempelajari ruang lingkup perikanan, pengertian ilmu perikanan sebagai ilmu yang bersifat multidisiplin meliputi kegiatan pengelolaan sumberdaya perairan, eksploitasi  sumberdaya hayati laut, perikanan tangkap, budidaya perairan, pengolahan hasil dan sosial ekonomi perikanan

BDI 612102, BiologiAkuatik, 3(2-1)  

Mempelajari tentang keunikan kehidupan di lingkungan akuatik, berbagai organisme penghuni lingkungan akuatik;  berbagai alat dan cara yang  dimiliki organisme untuk hidup di lingkungan akuatik serta masalah-masalah lingkungan yang dapat mempengaruhi organisme dan lingkungan akuatik,  Selain itu,mempelajari metode analisis kualitatif dasar  parameter biologis dalam kualitas  air.

BDI 612103, Prinsip Budidaya Perairan, 3(2-1) 

Mempelajari sistem budidaya perairan, komponen dan permasalahan dalam sistem budidaya, jenis perairan dalam budidaya, komuditas budidaya, jenis pakan dalam budidaya, pengenalan pembenihan dan pembesaran ikan.

BDI 612104, Ikhtiologi, 3(2-1)

Mempelajari anatomi, sistem-sistem tubuh dan fungsinya secara makromorfologis, sistematika ikan, distribusi geologis, geografis dan faktor-faktor ekologis yang berperan dalam mekanisme, fungsi sistem-sistem tubuh organ tersebut.

BDI 612105, Oseanografi Umum, 3(2-1)

Mempelajari oceanografi secara umum seperti geologi dan biologi oceanografi, pengenalan sifat fisika kimia laut mencakup salinitas, keseimbangan panas, arus, gelombang dan pasang.

BDI 612106, Pengantar Bioteknologi, 3(2-1)

Mempelajari definisi, perkembangan bioteknologi dari tradisional hingga modern, dan aplikasi bioteknologi secara umum dalam kehidupan sehari-hari.

BDI 612201, Plankton dan Tumbuhan Air, 3(2-1)

Mempelajari struktur dan peranan plankton, tumbuhan air dalam sumberdaya perikanan, klassifikasi, distribusi, adaptasi, suksesi plankton, perifiton, protozoa, bakteri dan tumbuhan air, metode analisis, komposisi biotik sumberdaya perikanan.

BDI 612202, Ekologi Perairan, 3(2-1)

Mempelajari asas, pengertian ekologi, ekosistem, faktor-faktor pembatas, daur ulang biogeokimia, aliran energi, peubah populasi dan komunitas, proses suksesi, informasi tentang peneraan ekologi dalam pengelolaan lingkungan perairan melalui peraturan dan perundangan yang berlaku.

BDI 612203, Biologi Perikanan, 3(2-1)

Mempelajari dinamika daur hidup, populasi ikan mulai telur sampai dewasa, reproduksi, makanan dan cara makan.

BDI 612204, Avertebrata Akuatik, 3(2-1)

Mempelajari struktur dan peranan avertebrata akuatik dalam budidaya perairan.

BDI 612205, Mikrobiologi Akuatik, 3(2-1)

Mempelajari mikroba akuatik, taksonomi, morfologi, metabolisme dan reproduksi bakteri,virus, jamur dan protozoa.  Metode isolasi dan identifikasi serta peranan mikroba akuatik dalam budidaya perairan.

BDI 612206, Manajemen Kualitas Air, 3(2-1)

Mempelajari komponen dan parameter fisika, kimia dan biologi kualitas air dan hubungan diantara parameter tersebut, hubungan, peranan dan pengaruhkualitas air dalam budidaya perairan.

BDI 612207, Perundang-undangan Perikanan, 3(2-1)

Mempelajari konsep dan sistem perundangan-undangan di Indonesia, proses pembuatan perundang-undang, sejarah perundang-undangan perikanan di Indonesia, kebijakan dalam undang-undang perikanan, kode etik perikanan internasional serta implementasi hukum laut internasional di Indonesia dan kaitannya dengan otonomi daerah.

BDI 612208, Teknologi Hasil Perikanan, 3(2-1)

Mempelajari pentingnya ikan dan hasil perikanan lainnya sebagai bahan pangan, nilai gizi ikan, proses kemunduran mutu, pengolahan dan pengujian mutu hasil pengolahan ikan, metode penanganan dan pengolahan hasil perikanan.

BDI 612209, Pencemaran Perairan, 3(2-1)

Mempelajari tentang model pencemaran perairan, bahan-bahan pencemar perairan, dampak-dampak pencemaran perairan dalam kehidupan sehari-hari dan khususnya dalam bidang perikanan.

BDI 612210, Penyakit dan Parasit Organisme Akuatik, 3(2-1)

Mempelajari parasit dan penyakit pada organisme akuatik, ektoparasit, endoparasit, penyakit infeksi dan non infeksi, diagnosis penyakit, konsep pengendalian dan pencegahan penyakit secara terpadu.

BDI 612211, Nutrisi dan Manajemen Pakan, 3(2-1)

Mempelajari kualitas berbagai bahan pakan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral, analisa proksimat, bioenergi, formulasi dan pembuatan pakan, pengujian mutu pakan, manajemen pemberian pakan sesuai jenis dan umur ikan.

BDI 612212, Genetika Ikan, 3(2-1)

Mempelajari pengertian genetika ikan, peranan genetik dalam perikanan budidaya, prinsip genetika ikan dan berbagai aplikasinya, konsep breeding, populasi genetik, seleksi, keragaman genetik dan dampaknya pada perikanan budidaya.

BDI 612213, Fisiologi Hewan Air, 3(2-1)

Mempelajari konsep fisiologi, fisiologi sel, metabolisme, konsep homeostatis, pooses sirkulasi, respirasi, pencernaan, osmoregulasi, reproduksi, bioenergetika dan hormon.

BDI 612214, Evaluasi Kesesuaian Lahan Akuakultur, 3(2-1)

Mempelajari kajian kesesuaian lahan laut serta analisis pemilihan lokasi yang baik untuk kegiatan budidaya perikanan, baik perikanan darat, payau.

BDI 612215, Limnologi, 3(2-1)

Mempelajari morfologi perairan tawar, distribusi dan sifta fisika, kimia dan biologi perairan tawar, aspek cahaya, pola distribusi suhu, oksigen terlarut, karkondiosida, pH, redoks, siklus unsur hara berkaitan denga produktifitas perairan, peranan bahan organik, detritus serta aspek biolimnologi.

BDI 612216, Pengelolaan Wilayah Pesisir, 3(2-1)

Mempelajari pengelolaan daerah pesisir dan lautan yang digunakan untuk budidaya perairan, metode dan prinsip pengelolaan yang berkelanjutan untuk kegiatan budidaya.

BDI 612217, Sosial Ekonomi Perikanan, 3(2-1)

Mempelajari ruang lingkup masalah sosial ekonomi dalam perikanan, ciri kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat perikanan, peranan sumberdaya alam dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarkat perikanan, penawaran, permintaan hasil perikanan dan model-model pengembangan sosial dan ekonomi perikanan.

MAT612351, Rancangan Percobaan, 3(2-1)

Mempelajari dasar rancangan percobaan, rancangan acak lengkap dan kelompok, percobaan berfaktor, faktor terpaut dan dua taraf, struktur percobaan dan perlakuan pengacakan, faktor bersilang, susunan tabel analisis ragam, rancangan petak terbagi dan rancangan bujur sangkar latin.

BDI 612301, Manajemen Perbenihan Ikan, 3(2-1)

Mempelajari perencanaan produksi, penanganan induk dan larva, teknik pemijahan, penetasan dan perawatan larva, manipulasi hormonal dalam pemijahan, faktor-faktor penentu kualitas dan kuantitas telur/larva.

BDI 612302, Teknologi Budidaya Pakan Hidup, 3(2-1)

Mempelajari sistem dan usaha produksi dan peningkatan produksi pakan hidup dalam budidaya perikanan, jenis, peranan dalam budidaya perairan serta permasalahan dalam budidaya pakan hidup.

BDI 612303, Teknologi Produksi Organisme Akuatik, 3(2-1)

Mempelajari berbagai sistem dan teknologi pembesaran ikan air tawar dan laut, peranan dan fungsi manajemen produksi, membuat perencanaan dan pelaksanaan produksi

BDI 612304 Pengembangan Sumberdaya Ikan Lokal

Mempelajari potensi sumberdaya ikan (SDI) lokal di wilayah Provinsi Lampung, konservasi SDI lokal, dan pengembangan SDI lokal ekonomis untuk domestikasi serta potensi pengembangan budidaya SDI.

BDI 612305, Pengolahan Data Perikanan, 3(2-1)

Mempelajari struktur dasar suatu ekosistem data perikanan, kerangka sistem informasi, struktur data perikanan, memahami data perikanan, studi kasus dan mengolah suatu data perikanan.

BDI 612306, Produktivitas Perairan, 3(2-1)

Mempelajari proses produksi dalam ekosistem perairan, penentuan produktifitas pakan hidup di perairan, dinamika organisme air dan lingkungannya, manipulasi produktifitas perairan

BDI 612307, Monitoring dan Evaluasi Lingkungan Akuakultur, 3(2-1)

Mempelajari monitoring dan evaluasi lingkungan dari kegiatan budidaya perikanan dan kajian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dari kegiatan budidaya perikanan serta antisipasi tantangan eksternal terkait isu-isu global dalam kegiatan budidaya perikanan dalam hal pencemaran lingkungan.

BDI 612308, Imunologi Ikan, 3(2-1)

Mempelajari dasar-dasar imunologi, respon-respon imun pada ikan dan udang terhadap penyakit infeksi, dan aplikasi-aplikasi imunologi dalam bidang perikanan.

BDI 612309, Teknologi Produksi Udang, 3(2-1)

Mata kuliah ini mempelajari sejarah, potensi dan revolusi teknologi budidaya udang di dunia dan Indonesia. Teknologi budidaya udang secara  heterotrof, dan autotrof. Parameter dan tahapan yang menjadi faktor penentu dalam budidaya udang dan perkembangan teknologi budidaya udang dimasa depan.

BDI 612310, Bioteknologi Akuakultur, 3(2-1)

Mahasiswa mempelajari definisi bioteknologi akuakultur dan keuntungan dari pemanfaatannya. Macam-macam metode dasar bioteknologi dan aplikasi pemanfaatan teknik bioteknologi dalam identifikasi ikan, pembenihan, pembesaran, penyakit dan penilaian produk perikanan. Secara khusus juga akan dibahas produk genetic modified organism (GMO) pada budidaya ikan terutama pada ikan hias.

BDI 612311, Manajemen Kesehatan Ikan, 3(2-1)

Mempelajari permasalahan, cara pengendalian hama, parasit dan penyakit ikan, baik di pembenihan maupun di pembesaran dan pengendalian penyakit secara terpadu.

BDI 612312, Enjinering Akuakultur, 3(2-1)

Mempelajari prinsip keteknikan dalam  sistem produksi budidaya perairan.  Kajian mata kuliah ini antara lainmekanikan enjinering, rekayasa lingkungan, teknologi material, monitoring dan instrumentasi, serta desain dan konstruksi sarana budidaya.  Fokus kajian sistem irigasi/transfer air, treatment air, peralatan budidaya dan perencanaan fasilitas industri budidaya.

BDI 612313, Metode Ilmiah, 3(2-1)

Mempelajari tentang konsep metode ilmiah, membedakan antara penelitian eksploratif dan eksperimental, mendapatkan pengalaman menyusun usul penelitian dengan baik, mempelajari cara pelaporan hasil penelitian serta cara mempresentasikannya dengan baik.

BDI 612314 Industrialisasi Perikanan Budidaya

Mempelajari potensi pengembangan industri dalam bidang perikanan serta analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan industri perikanan budidaya baik secara lokal maupun global.

BDI 612315, Budidaya Ikan Hias dan Akuaskap, 3(2-1)

Mempelajari cara budidaya ikan hias air laut dan tawar, mulai dari tahap pembenihan, pendederan dan pembesaran; penanganan penyakit; pengelolaan kualitas air; serta manajemen pemberian pakan.  Selain itu dipelajari cara mendesain dan pembuatan akuarium, pengenalan dan penggunaan substrat di akuarium, jenis-jenis tanaman air dan ornament untuk pembuatan akuaskap.

BDI 612316, Toksikologi Perairan, 3(2-1)

Mempelajari prinsip-prinsip toksikologi, proses toksikologi perairan, sumber-sumber bahan toksik untuk perairan, dan identifikasi bahan toksik perairan, serta penanggulangan bahan toksik perairan.

BDI  612317, Teknopreneurship Akuakultur, 3(2-1)

Mempelajari penggunaan teknologi dalam kewirausahaan di bidang perikanan budidaya untuk pengembangan industri perikanan budidaya yang kreatif dan berdaya saing global.

BDI 612401, Akuakultur Berkelanjutan, 3(2-1)

Mempelajari perencanaan budidaya secara tepat, dampak perikanan budidaya terhadap lingkungan, teknik budidaya ramah lingkungan dan berkelanjutan

FPU 612402, Praktik Umum, 3(2-1)

Kegiatan akademik untuk menambah pengetahuan dan melatih keterampilan mahasiswa pada bidang dalam lingkup perikanan budidaya

BDI 612402, Konservasi Sumberdaya Perairan, 3(2-1)

Mempelajari tentang definisi konservasi, sejarah munculnya konservasi alam, dampak kehilangan biota lokal, dan aplikasi konservasi terhadap sumberdaya perairan.

BDI 612403, Pemodelan Akuakultur, 3(2-1)

Mempelajari tentang definisi pemodelan, pemodelan statik dan pemodelan dinamis, pemodelan 1,2 dan 3 dimensi.  Dasar pemodelan numerik, aplikasi pemodelan dalam perikanan, asumsi dalam pemodelan, verifikasi dan validasi model dan penerapan aplikasi perangkat lunak dalam pemodelan perikanan.

BDI 612404, Budidaya Ikan Hibrida, 3(2-1)

Mempelajari definisi  ikan hidrida, kategori ikan hibrida dan keuntungan dan kerugian memproduksi ikan hibrida dibandingkan ikan non-hibrida, berbagai macam jenis ikan hibrida di air tawar dan air laut yang diproduksi di dunia dan kemungkinan cara mengidentifikasinya jika lepas di alam.

BDI 612405 Bahan Aktif dalam Akuakultur, 3(2-1)

Mempelajari definisi bahan aktif yang berasal dari sumberdaya alam baik dari hewan dan tumbuhan.  Metode  ekstraksi bahan aktif dari alam dan cara pemurniannya.  Pemanfaatan bahan aktif untuk penyakit ikan, agen bioremidiasi, pemijahan, dan komponen pakan fungsional.

BDI 612497 Seminar Usul Penelitian, 1(0-1)

Penyampaian usul/rencana penelitian oleh mahasiswa dihadiri oleh dosen pembimbing, pembahas dan hadirin yang tertarik dengan topik penelitian

BDI 612498 Seminar Hasil Penelitian, 1(0-1)

Penyampaian hasil penelitian mahasiswa di hadapan mahasiswa baik satu jurusan maupun dari jurusan lain serta dihadiri dosen pembimbing dan dosen pembahas untuk mengevaluasi hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa.

BDI 612499 Skripsi, 4(0-4)

Penelaahan dan pemecahan masalah menurut kaidah-kaidah ilmiah dalam bentuk penelitian atau pengkajian masalah khusus yang termasuk dalam ruang lingkup perikanan budidaya.